dr. Fadhilla Rakhmatiar, Sp.U

Spesialis Urologi

Dokter urologi adalah dokter spesialis yang mempelajari ilmu tentang sistem saluran kemih (urologi). Ilmu urologi adalah bidang kedokteran yang fokus pada diagnosis dan pengobatan penyakit saluran kemih, baik pria maupun wanita.

Bidang Kerja Dokter Spesialis Urologi

Dokter urologi umumnya hanya menangani kondisi terkait saluran kemih. Berikut ini beberapa subspesialisasi dari bidang kedokteran urologi, yaitu:

  • Infertilitas pada pria (andourologi)
      Fokus menangani masalah yang berkaitan dengan kesuburan dan kesehatan organ reproduksi pria.
  • Urologi wanita
      Dokter urologi yang fokus pada gangguan saluran kemih wanita.
  • Urologi pediatrik
      Dokter urologi yang fokus pada masalah saluran kemih pada anak-anak.
  • Neurourologi
      Dokter urologi yang fokus pada masalah saluran kemih yang disebabkan oleh gangguan sistem saraf.
  • Onkologi urologi
      Dokter urologi yang fokus menangani kanker atau tumor pada sistem saluran kemih, termasuk di antaranya kanker kandung kemih, ginjal, prostat, dan testis.
  • Urologi rekonstruktif
      Bidang kedokteran urologi yang fokus dalam teknik pembedahan untuk memperbaiki struktur dan fungsi saluran kemih.
  • Endourologi
      Kedokteran urologi yang mengobati gangguan pada saluran kemih, seperti batu saluran kemih, dengan metode invasif minimal (menggunakan sayatan kecil).
  • Selain memberikan pengobatan, dokter urologi bertanggung jawab untuk memberikan edukasi guna mencegah penyakit, mengevaluasi hasil pengobatan, dan merawat kondisi pasien setelah pengobatan. Apabila pasien memerlukan pengobatan khusus, dokter urologi dapat bekerjasama dengan dokter dari spesialisasi lain, seperti dokter onkologi, dokter radiologi, dokter penyakit dalam, maupun dokter kandungan, dalam membantu proses pengobatan.

    Penyakit dan Kondisi yang Ditangani Dokter Spesialis Urologi

    Berikut ini adalah kondisi dan penyakit yang ditangani oleh dokter urologi berdasarkan kelompok pasiennya, yaitu:

  • Pada pria

    Kanker pada saluran kemih (ginjal, kandung kemih, kelenjar prostat, penis, testis, dan kelenjar adrenal), masalah pada prostat seperti pembesaran kelenjar prostat (BPH) dan prostatitis, penyakit ginjal meliputi batu ginjal dan gagal ginjal, kelainan bentuk penis seperti fimosis dan penyakit Peyronie, infeksi saluran kemih (ISK), dan pembengkakan vena pada skrotum (varikokel), inkontinensia urine, infertilitas, disfungsi ereksi, dan cystitis.

  • Pada wanita

    Prolaps kandung kemih, serta kanker yang terjadi pada kandung kemih, ginjal, dan kelenjar adrenal. Penyakit saluran kemih wanita yang juga dapat ditangani oleh dokter urologi meliputi cystitis, batu ginjal, kandung kemih yang terlalu aktif, infeksi saluran kemih, dan inkontinensia urine.

  • Pada anak-anak

    Gangguan saluran kemih yang menyebabkan anak mengompol, saluran kemih yang tersumbat atau bermasalah, hipospadia dan epispadia, dan testis yang tidak turun.

  • Jadwal Praktek dr. Fadhilla Rakhmatiar, Sp.U

    Senin
    18:00 - 20:00
    Rabu
    18:00 - 20:00

    Event Details