CODE RED: RS Prasetya Husada Malang Menggelar In House Training K3RS dan Pelatihan APAR bagi Internal Karyawan

CODE RED: RS Prasetya Husada Malang Menggelar In House Training K3RS dan Pelatihan APAR bagi Internal Karyawan

Malang – RS Prasetya Husada Malang menggelar pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Rumah Sakit (K3RS) serta pelatihan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) bagi internal karyawan. Pelatihan ini dilaksanakan secara singkat dalam 1 hari, pada tanggal 24 Mei 2022 di Aula Serbaguna RS Prasetya Husada yang dibuka oleh perwakilan dari pimpinan manajemen RS Prasetya Husada Malang.

“Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu cara untuk mengenalkan sekaligus bagian dari pengembangan kompetensi bagi SDM RS terkait program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dilingkungan rumah sakit Prasetya Husada dan kesiapsiagaan dalam penanggulangan potensi bahaya kebakaran di rumah sakit,” ujar Pimpinan Manajemen RS Prasetya Husada dalam sambutannya di pembukaan pelatihan tersebut. In House Training K3RS ini juga merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka persiapan akreditasi Rumah Sakit Prasetya Husada di bidang Manajemen Fasilitas dan Keselamatan.

Pada kegiatan In House Training ini materi pelatihan disampaikan langsung oleh dr. Lia Dia Farida  selaku ketua K3RS Prasetya Husada. Dokter Lia menjelaskan bahwa penerapan K3RS ini bertujuan untuk mencegah kecelakaan dan penyakit akibat kerja, dan merupakan bagian dari salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit. Lebih jauh, acara ini juga dilengkapi dengan pelatihan dan simulasi Kode Merah, yaitu kode kegawadaruratan kebakaran di rumah sakit, serta cara pemakaian APAR sebagai upaya pertama saat mula kebakaran.

“Akibat dari terjadinya kecelakaan kerja bisa  menyebabkan kematian, kerugian materi, moril, pencemaran lingkungan, serta juga dapat mempengaruhi kualitas pelayanan yang ada di dalam rumah sakit. Untuk meminimalkan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, salah satu caranya adalah memperkuat kompetensi SDM di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang bertugas di rumah sakit,” ujar dr. Lia dalam pemaparan materi K3RS.

Tidak hanya mengikuti materi K3RS, peserta Inhouse training juga melakukan pelatihan praktik Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang dipandu oleh tim K3 RS Prasetya Husada Malang. Dalam bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), APAR merupakan peralatan wajib yang harus dilengkapi oleh setiap perusahaan dalam mencegah terjadinya kebakaran yang dapat mengancam keselamatan pekerja dan asset perusahaan.

Pelatihan APAR ini dilaksanakan dengan tujuan agar karyawan RS Prasetya Husada mampu memahami fungsi APAR, mampu menggunakan APAR dengan tepat dan benar untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil yang bisa terjadi sewaktu-waktu, yaitu Code RED.

Rumah Sakit Prasetya Husada sebagai penyedia pelayanan kesehatan berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit. Salah satu wujud dari komitmen tersebut dilalui dengan pemenuhan standar pelaksanaan program K3RS. Besar harapan dari pelatihan K3RS kali ini bisa berdampak positif untuk meningkatkan kualitas pelayanan pasien dan kenyamanan SDM dalam bekerja di lingkungan RS Prasetya Husada.

Leave a Reply

Your email address will not be published.